Buku SD Bergambar Nabi Muhammad

 "Buku SD Bergambar Nabi Muhammad"

Suatu yang tidak lazim bagi umat islam yaitu gambar atau ilustrasi nabi muhamad, dan umat islam tentu tidak terima dengan ada nya gambar ilustrasi atau gambar tersebut, apa lagi ilustrasi gambar nabi muhamad tersebut di dalam BUKU SD


Jakarta Buku anak bergambar Nabi Muhammad yang beredar di perpustakaan SD Islam, Solo, Jateng, diminta diusut. Pihak yang bertanggung jawab juga harus menarik seluruh buku yang beredar.


"Perlu ada pengusutan dan ada penindakan secara internal," kata Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Asrorun Niam, saat berbincang, Rabu (23/5/2012).


Pria yang akrab disapa Niam ini meminta agar lembaga yang membantu menyebarkannya yakni Kemenag sesegera mungkin mengambil tindakan. Jangan lepas tangan, karena ada unsur pengawasan yang lalai.


"Buku keagamaan tidak boleh menyajikan hal-hal yang melanggar ketentuan agama, misalnya visualisasi Allah SWT atau Nabi Muhammad SAW," imbuh Niam.


Selain itu, buku agama, juga isinya jangan sampai memancing kekisruhan dan kebencian antar umar beragama. "Buku tentang keagamaan harus sejalan dengan prinsip keberagamaan, harus memperhatikan teknis dan substansi," jelasnya.


Buku kontroversial itu diterbitkan Nobel Edumedia dan berisi kehidupan masa kecil 11 nabi. Di bagian akhir yaitu halaman 43 hingga 48 mengisahkan kehidupan masa kecil Nabi Muhammad SAW. Pada bagian ini terdapat lima ilustrasi gambar yang menggambarkan kehidupan masa kecil hingga masa remaja Nabi Muhammad.


Dari lima gambar itu, terdapat empat gambar yang menunjukkan sosok Nabi Muhammad. Gambar di halaman 43 terdapat gambar bayi sedang digendong seorang perempuan, yang mengilustrasikan masa bayi Nabi Muhammad di gendongan ibunya. Di depan gambar bayi diberi tulisan 'Muhammad' dalam huruf Arab.


Di halaman 44 nampak gambar anak lelaki kecil menggembala kambing, yang menunjukkan masa kecil Nabi Muhammad ketika dalam asuhan Halimah Tusa'diyah. Gambar utuh itu lalu ditimpa tulisan 'Muhammad' dalam huruf Arab, namun masih kelihatan jelas bagian dari seluruh rambut, jidat, mata, hingga bagian hidung. Sedangkan di bagian bawah terlihat jelas jubahnya.


Gambar halaman 46, menunjukkan seorang lelaki kecil di antara dua lelaki dewasa yang merupakan ilustrasi peristiwa pembedahan dada Nabi Muhammad oleh dua malaikat di perkampungan Bani Sa'd. Dalam gambar itu gambar lelaki kecil ditimpa tulisan 'Muhammad' dalam huruf Arab ukuran besar di bagian atas namun masih terlihat jelas bagian kedua kakinya.


Gambar yang terdapat di halaman 48 adalah ilustrasi ketika Nabi Muhammad bertemu Buhairah, seorang pendeta ahli kitab yang sedang membuktikan tanda-tanda kenabian dalam diri Nabi Muhammad. Pada gambar itu di bagian kepala ditimpa tulisan 'Muhammad' dalam huruf Arab, sedangkan di bagian badan tetap terlihat utuh.


Pihak penerbit Nobel Edumedia yang dikonfirmasi detikcom soal buku itu belum mau memberikan komentar.


(ndr/vta)
news.detik.com
Judul: Buku SD Bergambar Nabi Muhammad; Ditulis oleh On Rico; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment