Christian Wulff Presiden Jerman Mengundurka Diri

Christian Wilhelm Walter Wulff (lahir 19 Juni 1959; umur 52 tahun) adalah presiden untuk Republik Federal Jerman sejak 30 Juni 2010 (dilantik 1 Juli 2010) dan langsung bekerja.
 Dia diambil sumpahnya pada 2 Juli 2010. Ia berasal dari partai Uni Demokratik Kristen yang berhaluan konservatif. Pencalonannya didukung oleh partai-partai CDU/CSU dan FDP yang berkoalisi.


Sebelum menjabat sebagai presiden republik, Wulff adalah perdana menteri negara bagian Niedersachsen. Posisinya sebagai perdana menteri setelah ia menjadi presiden ditempati oleh David McAllister.


Pada 17 Februari 2012, Christian Wulff menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden Jerman, alasan pengunduran diri ini karena adanya dugaan penyalahgunaan kekuasaan oleh Wulff. Wulff membuat pernyataan pengunduran diri di Istana Bellevue di Berlin pada pukul 10.00 waktu setempat .


Wulff menghadapi beragam tuduhan termasuk membiarkan seorang produser film yang merupakan temannya membayar rekening hotel tempatnya menginap selama dua malam dan menerima pinjaman besar dari seorang teman istrinya yang kaya.
Kanselir Angela Merkel memilih Wulff untuk jabatan seremonial itu pada 2010. Kanselir Merkel membatalkan lawatannya ke Italia Jumat setelah menerima pengunduran diri Wulff.
Para legislator Jerman memiliki waktu 30 hari untuk mengadakan pemilihan khusus bagi pengganti Wulff.
Judul: Christian Wulff Presiden Jerman Mengundurka Diri; Ditulis oleh On Rico; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment